Kepulauan Biak merupakan kumpulan pulau-pulau kecil di bagian utara Papua. Dengan pulau biak yang menjadi pusat kegiatan dan pulau terbesar di kawasan tersebut. Biak memiliki banyak pantai yang indah dan sangat menarik untuk dikunjungi karena memang sekeliling pulau biak adalah lautan dangkal yang menawan dan memiliki banyak pesona. Dan salah satu pantai cantik yang wajib dikunjungi di Biak adalah Pantai Bosnik yang memiliki pasir putih dan air laut yang jernih.

Pantai Bosnik terletak sekitar 25 km dari Biak Kota menuju ke Biak Timur yang bisa ditempuh dalam waktu 1 jam. Menuju Pantai bosnik anda akan menemukan banyak tambang kapur dan batu alam yang ada di sisi kanan dan kiri jalan utama menuju Biak timur. Untuk menuju pantai bosnik, anda bisa menyewa guide dan kendaraan yang ada di biak kota ataupun langsung men-carter taxi dari bandara Frans Kaisiepo.

Pengalaman saya ke Pantai bosnik dengan menggunakan mobil carteran dengan tarif 350rb sehari bersama ke-empat kawan baru di Biak.
Dari Hotel di biak kota kami menuju Plasa hadi untuk membeli makanan ringan dan minuman untuk teman perjalanan. Jalan menuju Pantai bosnik sudah cukup baik walaupun memang aspalannya ada yang rusak dan berlubang. Ketika sudah sampai di Biak timur Anda diharapkan berhati-hati dalam berkendara karena daerah tersebut banyak pemukiman warga dan anjing-anjing warga yang berkeliaran bebas, jangan sampai menabrak hewan peliharaan tersebut karena bisa jadi anda harus membayar mahal hewan itu.

Sampai di Pantai bosnik anda bisa melanjutkan perjalanan sampai ke Tanjung dengan pemandangan pantai yang panjang jernih dan berombak. Di sekitar Pantai Bosnik banyak terdapat pohon kelapa milik warga yang buahnya dijual dengan harga cukup murah, tanpa menawar kami mendapatkan buah kelapa hijau dengan harga 2ribu/buahnya. Sajian yang menurut kami cukup istimewa sambil menikmati gemuruh ombak dan pemandangan jernihnya air laut berpadu dengan pasir putih yang terhampar memanjang dan luas.

Galeri Pantai Bosnik