Bendungan Batu Bulan salah satu primadona wisata di Sumbawa

Kabupaten Sumbawa adalah sebuah kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Sumbawa Besar. Kabupaten ini terletak di sebagian besar bagian barat Pulau Sumbawa. Batas-batas wilayahnya adalah: Laut Flores dan Teluk Saleh di utara, Kabupaten Dompu di timur, Samudra Hindia di barat serta Kabupaten Sumbawa Barat di barat.

Sejarah
Tana Samawa yang disebut Kabupaten Sumbawa, kelahirannya tidak lepas dari kelahiran Bangsa Indonesia yang diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945 dan ditetapkan Undang-undang Dasar 1945 pada tanggal 18 Agustus 1945 yang merupakan landasan konstitusional dalam rangka penyelenggaraaan pemerintahan baik di pusat maupun di daerah.
Kelahiran Kabupaten Sumbawa juga tidak terlepas dari pembentukan Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 64 Tahun 1958 dan Undang-Undang Nomor 69 Tahun 1958 yang merupakan tonggak sejarah terbentuknya Daswati I Nusa Tenggara Barat dan Daswati II di dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terdiri dari:

Daswati II Lombok Barat
Daswati II Lombok Tengah
Daswati II Lombok Timur
Daswati II Sumbawa
Daswati II Dompu
Daswati II Bima

Menuju Sumbawa
Menuju sumbawa dari Surabaya cukup mudah, anda dapat melakukan perjalanan via udara dengan penerbangan rute surabaya – lombok Timur, setelah itu melanjutkan perjalanan menuju mataram menggunakan taxi atau mobil carter dengan tarif antara 100-200ribu rupiah. Dari mataram ada beberapa pilihan mobil travel menuju sumbawa dengan tarif 70-100ribu sekali jalan.Untuk panduan lebih rinci dapat anda kunjungi go Sumbawa

Adat dan Kebudayaan
Sumbawa menyimpan banyak kebudayaan lokal yang sampai saat ini terus dipertahankan walaupun arus modernisasi dari lombok, mataram terus masuk. Ada beberapa perkampungan adat yang masih alami sampai saat ini diantaranya:
Desa tepal – Desa tradisional yang terletak + 37 km dari pusat kota, masuk dalam wilayah Kecamatan Batu Lanteh. Desa ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau dengan berkuda. Desa Tepal menyimpan banyak budaya tradisional , karena masyarakatnya masih memegang teguh adat istiadat dan Budaya Samawa. Ini dapat dilihat dari cara berpakaian, cara hidup dan bentuk rumah yang unik.

Dusun Pamulung – Salah satu dusun yang termasuk dalam Wilayah Desa Karang Dima Kecamatan Labuan Badas, terletak sekitar 8 km dari kota Sumbawa Besar. Dusun ini merupakan lokasi desa wisata, karena di desa tersebut dapat disaksikan berbagai atraksi budaya daerah, seperti Karaci, Barapan Kebo, Tari-tarian tradisional serta musik tradisional.

Desa Poto – Salah satu desa di Kabupaten Sumbawa yang tetap memelihara kelestarian budaya daerah seperti tenunan tradisional, pembuatan gerabah dan atraksi permainan rakyat seperti pacuan kuda, karapan kerbau. Desa Poto yang letaknya di Kecamatan Moyo Hilir kira-kira 13 km dari kota Sumbawa besar dapat dijangkau dengan sarana transportasi darat yang senantiasa melayani trayek tersebut setiap hari.

 

Potensi Wisata
Bendungan maman – sebuah obyek wisata di sumbawa yg terletak di desa batu bulan kec.moyo-hulu, tepatnya desa maman adalah sebuah obyek wisata yg cukup bagus untuk dikunjungi.bila anda berkunjung kesan anda dpt menikmati alam dan panorama alamnya yg cukup indah juga anda dapat menyalurkan hobi bila anda adalaah seorang penggemar mancing karena di bendungan ini juga banyakberbagai jenis ikan air tawar.seperti mujair,nila karper,tawes,,dll.jika anda ingin suasana yang nyaman usahakan datang pada sore hari karena disamping tidak panas anda lebih enjoy untuk menikmati panorama tempat ini. Jarak dari kota sumbawa +/- 20km melalui jalan lintas sumbawa besar-lunyuk.

Situs Sejarah Megalitikum

Di kecamatan Moyo Hulu terdapat lima situs purbakala yaitu Situs Aik Renung (memiliki lima lokasi sarkopagus), Situs Raboran, Situs Tarakin I dan II serta Situs Lutuk Batu Peti.

situs megalitikum yang ada di Tana Samawa

Sumbawa dalam gambar

Rumah Tradisional suku ali sumbawa di desa Tepal

Istana kuno (Dalam Loka) Sumbawa

Pantai Maluk pesona Sumbawa

Sisi pantai di pulau Kenawa Sumbawa

About these ads